Pelesir

Surga Bawah Laut itu Ada di Tojo Unauna

Surga bawah laut Togean.

AMPANA, KabarSelebes.com – Apa yang Anda cari jika berwisata ke pantai. Resor yang bagus, kuliner atau tempat menyelam yang indah?

Kepualauan dan bahari Nusantara memiliki potensi wisata yang tak boleh diabaikan. Bagaimana kesiapan industri pariwisata menyambut wisman dan wisnus tersebut? Ribuan pulau Nusantara memiliki potensi mendulang banyak wisatawan.

Badan Promosi Pariwisata Indonesia meminta pada pemerintah untuk melakukan pemetaan pulau – pulau yang siap dipromosikan ke dunia internasional.

Beragam keindahan bawah laut Nusantara yang dapat Anda nikmati. Sebut saja mulai dari Pulau Weh, Banda Aceh, kepulauan Mentawai, Karimun Jawa, Derawan (Kalimantan Timur), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), Bandanaera (Ambon), Kepulauan Seram, Gili Terawangan (Lombok), Pink Beach (Flores), hingga Raja Ampat (Papua).

Anda akan tercengang melihat keindahan bawah lautnya yang begitu menggoda untuk dilihat langsung. Salah satu keindahan bawah laut yang juga menyimpan kekayaan alam terdapat di Kabupaten Tojo Una Una (Touna) memiliki ketiganya.

Ada banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi di sana. Touna terdiri dari daratan dan gugusan pulau-pulau kecil nan eksotik dan menyimpan potensi wisata yang sangat indah khususnya wisata bahari.

Kepulauan Togean yang berada di kabupaten kami merupakan kepulauan atau pantai-pantai yang dilalui garis khatulistiwa. Karena itu pula biota lautnya begitu kaya dan mungkin tak dapat ditemui di laut-laut lain. Di Kepulauan Togean, setidaknya terdapat 426 pulau, 300 titik menyelam, dan memiliki biota-biota laut yang langka.

Biota tersebut antara lain Karang Payung, ubur-ubur khusus yang berkumpul di pusat danau, ikan napoleon, kerapu tikus, dan beragam kepiting. Kepulauan Togena berada di Kabupaten Tojo Unauna, Sulawesi Tengah.

Kepulauan Togean memiliki keindahan bawah laut yang sangat mengagumkan. Disini dapat dinikmati semua tipe terumbu karang seperti karang tepi, karang penghalang, karang cincin (atol) dan gugusan karang terisolir dengan keanekaragaman makhluk hidup. Di Togean juga dapat tinggal di rumah atas laut bersama penduduk asli dalam kearifan lokal mereka.

BACA JUGA :  Danau Poso Jadi Salah Satu dari 15 Danau Indonesia yang akan Dibenahi

Di samping snorkeling atau menyelam kita juga dapat menikmati kawah Gunung Colo di Pulau Unauna. Wilayah daratan ini terdapat banyak gunung-gunung tinggi dengan hutannya yang lebat dihuni oleh Anoa, Babi Hutan, Rusa. Disini juga terdapat gua-gua sungai, air terjun, air panas dan pemukiman Suku Wana.

Jadi bergegaslah memesan tiket untuk liburan berikutnya mengunjungi tempat-tempat wisata bahari. Tak perlu jauh ke luar negeri, Indonesia punya banyak surga di bawah laut.

 

 

 

Sumber: Netralnews.com

Silakan komentar Anda Disini....

Most Popular

To Top