Sulawesi Selatan

Seminggu Kabur, Kolor Ijo Makassar Ditangkap Satgas Tinombala di Poso

Satu narapidana yang kabur dari Lapas Klas 1 Makassar berhasil diamankan di wilayah hukum Polres Poso, Sulawesi Tengah. Adalah Rizal Budiman Sangadji alias Ical (22) warga Apo Bengkel, kota Jayapura, Papua. Ical telah diamankan, Senin (15/5/2017) pagi. (Foto: Tribunmakassar.com)

MAKASSAR, KabarSelebes.com – Rijal Sangaji alias Ical (27), salah seorang narapidana yang kabur dari sel Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas 1 Makassar bersama napi kolor ijo Iqbal alias Jeje Bala (33), akhirnya berhasil ditangkap di wilayah Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng).

“Pelaku saat ini diamankan di Mapolres Poso. Sementara menunggu kedatangan tim Reskrim Polrestabes Makassar untuk melakukan penjemputan,” kata Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Dicky Sondani via telepon, Senin (15/5/2017).

Warga asal Kota Ternate yang sedang menjalani vonis seumur hidup atas perkara pembunuhan yang dilakoninya di Sulawesi Selatan tersebut diduga akan bergabung dengan kelompok teroris Santoso di Poso.

“Kemungkinan bisa saja terjadi, tapi saat ini kita belum memastikan tujuan pelaku ke Poso tersebut karena masih dalam proses penyelidikan. Intinya, pelaku kita bawa dulu kembali ke Makassar,” ujar Dicky.

Dicky berharap dua narapidana lainnya yang kabur bersama Rijal segera menyerahkan diri. Ia mengingatkan tim tetap akan mengejar seluruh napi yang berusaha lari.

“Dua napi lainnya sementara pengejaran Tim Resmob Polrestabes Makassar dibantu oleh Tim Resmob Polda Sulsel,” ujar Dicky.

Rijal diketahui kabur dari sel Lapas Klas 1 Makassar bersama dua rekannya masing-masing Iqbal alias Jeje Bala (33), terpidana kasus kolor ijo yang sedang menjalani proses hukuman mati, serta Muh. Tasrul, terpidana yang sedang menjalani masa hukuman seumur hidup atas kasus pembunuhan yang dilakukan di Sorong, Jayapura.

Ketiganya diperkirakan kabur pada Minggu, 7 Mei 2017, sekitar pukul 01.00 Wita hingga 04.00 Wita. Ketiganya diduga kabur dengan menggergaji teralis besi sel blok Lapas Klas 1 Makassar, kemudian memanfaatkan selokan kecil dan memanjat pagar tembok Lapas yang tidak dijaga petugas.

Ketiga napi tersebut diketahui berada dalam satu sel di Blok A Lapas Klas 1 Makassar. Ketiganya baru menjalani masa hukuman penjara setahun di Lapas.

 

 

Sumber: Liputan6.com

Silakan komentar Anda Disini....

Most Popular

To Top