Lifestyle

Menakjubkan, Beginilah Pulau Sulawesi Terbentuk

Pulau Sulawesi

KEPULAUAN di Indonesia tidak hanya menyajikan alam yang dikelilingi laut, tapi juga hamparan pulau-pulau berbentuk unik. Salah satu pulau yang unik bentuknya tak lain adalah Pulau Sulawesi.

Pulau yang terbagi enam provinsi itu merupakan pulau terbesar ke-11 di dunia. Bentuknya menyerupai alfabet huruf “K”, merupakan hasil dari tumbukan dua daratan yang bergerak menuju Borneo (Kalimantan) pada sekira 65 juta tahun lalu atau di Masa Eosen.

Lantas di Periode Miosen (40-20 juta tahun lalu), bagian tengah Sulawesi bertumbukan dengan Borneo dan membentuk tekukan. Penumbukan ini terus terjadi hingga Zaman Pliosen (15-6 juta tahun lalu).

Daratan Sulawesi baru bergerak ke timur menjauhi Kalimantan, di Zaman Plitosen (4-5 juta tahun lalu), seiring terjadinya pemekaran dasar samudera di laut antara Kalimantan dan Sulawesi.

Awal mula dua daratan yang mengapung dan menyatu itu asalnya dari daratan lempeng benua danj lempeng Australia. Makanya sampai sekarang, geologi dan kekayaan alam di Pulau Sulawesi termasuk yang paling rumit dan beragam.

Kekayaan fauna di Sulawesi juga jadi bukti tersendiri. Di Sulawesi, terdapat banyak fauna dengan perpaduan antara Asia dan Australia.

 

 

Sumber: Okezone.com

Silakan komentar Anda Disini....
BACA JUGA :  Ini Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari

Most Popular

To Top