Sulawesi Tengah

Pembentukan Forum Majelis Ta’lim Hubbul Wathan Terinspirasi Nilai Ramadhan

Kakanwil Kemenag Sulteng Abdullah Latopada didampingi kakankemenag bangkep dalam pembinaan asn kua, penyuluh dan penghulu di lingkungan kemenag Kabupaten Bangkep.(Foto: Humas Kemanag Sulteng)

PALU, KabarSelebes.com – Pembentukan Majelis Ta’lim “Hubbul Wathan” terinspirasi dari Puasa Ramadhan yang kita jalankan saat ini. Kita semua tahu, bahwa Puasa Ramadhan ini membentuk Karakter Muslim yang sejati, Puasa tidak hanya dilihat dari sisi ibadahnya atau karena diberikan-Nya pahala yang berlipat ganda.

Kakanwil Kemenag Sulteng, H. Abdullah Latopada mengatakan, puasa akan memunculkan karakter Hubbul Wathan, karena orang yang berpuasa Ramadhan tidak hanya menahan nafsu, lapar haus dan dahaga, namun juga bagaimana pengelolaan emosi dalam diri kita, apakah itu emosi yang baik atau buruk.

“Ramadhan menjadi inspirasi bagi kita semua untuk terpacu berbuat kebaikan. Karena dari emosi ataupun keinginan-keinginan yang mengarah pada kebaikan dan keburukan,” kata Abdullah Latopada pada pembinaan ASN, KUA, Penyuluh dan Penghulu pada Kemenag Kabupaten Banggai (5/6/2017).

Latopada berharap, kebiasaan Ramadhan ini diharapkan dapat menjadi muara bagi kita dalam mengisi sebelas bulan berikutnya melalui forum majelis ta’lim “Hubbul Wathan”, yang didalamnya dapat menjadi wadah antar Majelis Ta’lim untuk bersilaturahmi dan meningkatkan ilmu keislaman (tarbiyah Islamiyah).

Forum Majelis Ta’lim yang dimaksud terdiri dari empat kelompok yakni: Forum Majelis Ta’lim untuk Ibu-ibu, Forum Majelis Ta’lim untuk Bapak-bapak, Forum Majelis Ta’lim untuk remaja Putra dan Forum Majelis Ta’lim untuk Remaja Putri.

Untuk Forum Majelis Ta’lim Hubbul Wathan tingkat Kabupaten berada di bawah binaan Kantor Kemenag Kab/Kota dalam hal ini Seksi Bimas Islam, sedangkan Forum Majelis Ta’lim Hubbul Wathan tingkat Kecamatan dan tingkat desa/kelurahan di bawah binaan Kepala KUA Kecamatan.

BACA JUGA :  Mappeasse Jabat Kasubag TU Kemenag Parimo

Pembinaan dimaksud akan melibatkan Penyuluh Agama Islam baik PNS maupun Non PNS dan Guru Agama Islam di wilayahnya. Kanwil Kemenag Sulteng menargetkan pembentukan Forum tersebut pada akhir bulan Agustus 2017.  (ABD/LSD)

Silakan komentar Anda Disini....

Most Popular

To Top