Sulawesi Tengah

Perkokoh Persatuan, Kakanwil Kemenag Sulteng Imbau Bentuk Majelis Ta’lim

akanwil didampingi kakankemenag bangkep dalam pembinaan ASN KUA, penyuluh dan penghulu di lingkungan kemenag Kab Banggai.(Foto:Humas Kemenag)

BANGGAI, KabarSelebes.com – Kepala Kanwil Kemenag Sulteng, H. Abdullah Latopada mengimbau kepada Kemenag Kabupaten/Kota pada Kepala KUA, penyuluh dan penghulu untuk membentuk forum majelis ta’lim pada tingkat kabupaten, kecamatan, serta desa  dan kelurahan.

Hal tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai agama pada masyarakat serta meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa sebagai wujud cinta tanah air.

Forum Majelis Ta’lim itu diberi nama “Hubbul Wathan”,  yang artinya cinta tanah air.

“Hal ini tentunya selaras dengan pengamalan Pancasila dan juga pengamalan nilai keislaman,” kata Abdullah Latopada saat memberikan pembinaan kepada Kepala KUA, Penyuluh dan Penghulu di lingkungan Kemenag Kabupaten Banggai dan Banggai Kepulauan tanggal 4 dan 5 Juni 2017.

Menurut Latopada,  Forum Majelis Ta’lim Hubbul Wathan ini menjadi program prioritas dalam 3 bulan ke depan dan ditargetkan akan rampung pada 13 kabupaten/kota di Sulawesi Tengah.

“Harapannya program ini sebagai “pilot project” Kemenag dalam hal menangkal paham radikalisme serta pemantapan terhadap nilai-nilai pancasila sebagaimana tercermin dalam nawacita presiden dalam program revolusi mental,” ungkapnya.

Di masa mendatang kakanwil berharap program ini juga dapat benar-benar bisa memberikan sumbangsih pada bangsa dan negara, dan menempatkan Kemenag sebagai pelopor dalam mengaktualisasikan program pamantapan nilai-nilai pancasila dan menangkal paham radikalisme serta paham keagamaan menyimpang lainnya.

Secara Teknis, Program ini merupakan pembinaan rutin yang membahas kajian Keislaman, dan juga penanaman nilai Pancasila,

“Karena kita Ketahui bahwa para ulama kita terlibat dalam penyusunan rumusan Pancasila, dalam pembentukan dasar negara kita, sehingga tidak bertentangan dengan pengamalan nilai keislaman dan Pancasila, dan ini sebagai wujud cinta kita terhadap Islam, Pancasila dan tanah air,” tegasnya.

BACA JUGA :  Seleksi PBSB 2017 Jaring 26 Santri Ponpes di Sulteng

Forum ini terdiri dari empat kelompok yakni; Forum Majelis Ta’lim untuk Ibu-ibu, Forum Majelis Ta’lim untuk Bapak-bapak, Forum Majelis Ta’lim untuk remaja Putra dan Forum Majelis Ta’lim untuk Remaja Putri.

Adapun Forum Majelis Ta’lim Hubbul Wathan tingkat Kabupaten di bawah binaan Kantor Kemenag Kab/Kota dalam hal ini Seksi Bimas Islam, sedangkan Forum Majelis Ta’lim Hubbul Wathan tingkat Kecamatan dan tingkat desa/kelurahan di bawah binaan Kepala KUA Kecamatan.

Pembinaan dimaksud akan melibatkan Penyuluh Agama Islam baik PNS maupun Non PNS dan Guru Agama Islam di wilayahnya. Kanwil Kemenag Sulteng menargetkan pembentukan Forum tersebut pada akhir bulan Agustus 2017. (ABD/LSD)

Silakan komentar Anda Disini....

Most Popular

To Top